Gigi perlu dirawat dengan baik dan secara rutin. Pasca meredanya wabah Covid 19 maka kini dokter gigi bisa mulai berpraktik lagi. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Buat jadwal ke dokter gigi dengan segera untuk menangani masalah gigi yang ada. Namun jangan pula sembarangan. Berikut ini rekomendasi dokter gigi yang tepat.

Kunjungi Dokter Gigi Pilihan

Jangan langsung pergi ke dokter gigi spesialis, karena belum tentu cocok dengan permasalahan sakit gigi yang dialami. Sebaiknya kunjungi dulu dokter gigi umum guna menentukan diagnose problem giginya, lalu jika bisa ditangani langsung di tempat pada saat itu juga maka tak perlu dirujuk ke dokter gigi spesialis lanjutan tertentu yang dari segi tarif biayanya serta antrian daftar tunggunya juga akan lebih banyak. Kecuali untuk anak-anak maka bisa langsung dibawa ke dokter gigi anak atau dokter gigi spesialis pedodontis. Hal ini karena secara anatomi gigi anak itu berbeda dengan gigi orang dewasa, cara penanganannya juga berbeda.

Dokter Gigi yang Tepat

Selain dokter gigi umum yang praktek di klinik atau secara perseorangan atau di Puskesmas (Pusat Kesehatan masyarakat) tertentu, maka di tempat praktek perseorangan atau Rumah Sakit rujukan tahap lanjutan ada dokter spesialis dengan keahliannya masing-masing sebagai berikut. 

Dokter gigi spesialis pedodontis atau ilmu kedokteran gigi anak dengan gelar Sp. KGA. 

Dokter gigi spesialis ortodontis dengan gelar Sp. Ort. 

Dokter gigi spesialis endodontis atau konservasi gigi dengan gelar Sp. KG, Dokter gigi spesialis periodontis atau jaringan gusi dan penyangga gusi dengan gelarnya yaitu Sp. Perio

Dokter gigi spesialis bedah mulut yang bergelar Sp. BM

Dokter gigi spesialis Prostodontis atau restorasi rongga mulut dengan gelar Sp. Pros,

Dokter gigi spesialis oral medicine atau penyakit mulut dengan gelar Sp. PM

Dokter gigi spesialis dental radiologist yang bergelar Sp. RKG

Tiap dokter gigi spesialis menangani masalah sakit gigi dan area mulut yang berbeda-beda sesuai keahliannya.

Perhatikan Kelengkapan Peralatan dan Reputasi

Perhatikan kelengkapan berbagai peralatan dan fasilitasnya. Jika memungkinkan maka pilih peralatan keluaran terbaru yang canggih dan tidak mengalami banyak kendala. Cek juga dengan reputasinya. Pilih dokter gigi yang ahli dan sabar dalam menangani tiap pasiennya serta bersedia menjelaskan secara tuntas pertanyaan tiap pasien.

Pertimbangan Tarif Harga 

Lalu pertimbangkan tarif biayanya, sesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Bisa gunakan asuransi atau BPJS untuk layanan gratis atau bersubsidi.

Cek Jadwal

Lalu usahakan pilih yang jadwal antrian tunggunya tidak terlalu panjang hingga selama beberapa hari lebih, apalagi untuk masalah sakit gigi yang urgent dan bukan masalah estetis. 

Itulah antara lain beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau berkunjung ke dokter gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.