Deposito paling menguntungkan pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan, meskipun Anda pun tahu bahwa investasi ini cukup menguntungkan. Namun, jika Anda membuat deposito pada saat yang tidak tepat maka keuntungan tersebut bisa menjadi bukan hal yang menguntungkan lagi bagi Anda. Oleh karena itu, sebelum berani bertindak pastikan dulu baik buruknya dan juga sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kelebihan Investasi Deposito

Hal yang pertama harus dilihat dalam memilih deposito paling menguntungkan sebagai investasi adalah kelebihannya. Dimana kelebihannya antara lain adalah:

  1. Suku Bunga Kompetitif

Bicara mengenai suku bunga, ini termasuk salah keuntungan atau kelebihan dari deposito. Karena, suku bunga pada deposito lebih kompetitif dan lebih besar dari tabungan biasa pastinya.

  1. Sarana Investasi Menguntungkan

Bisa dikatakan, bahwa deposito merupakan salah satu sarana investasi yang menguntungkan. Oleh karena itu, Anda bisa memperhitungkan satu kelebihan ini dari deposito.

  1. Kemudahan dalam Mengakses Bunga

Setelah diketahui bunga yang didapat cukup kompetitif pada deposito, maka keuntungan lainnya adalah bunga yang didapat dapat diakses dan diambil secara mudah.

  1. Risiko Lebih Kecil

Seseorang yang berinvestasi melalui deposito, pastinya memiliki risiko kecil untuk mengalami kerugian. Karena, kerugian sudah terjamin oleh lembaga penjamin simpanan. Bagi Anda yang tidak menyukai risiko besar dan lebih menyukai bermain aman, memang deposito solusinya.

  1. Uang Terjamin Keamanannya

Dalam sebuah deposito, Anda akan terjamin aman dalam menyimpan uang, jika tujuan Anda memang ingin menyimpan uang yang aman dalam jangka waktu yang lama.

Kelemahan Berinvestasi Deposito

Jangan hanya melihat kelebihan atau keuntungannya dalam memilih deposito, tetapi perhitungkan juga kelemahan atau kekurangannya. Antara lain seperti:

  1. Keuntungan Tidak Besar

Bisa diketahui, jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya deposito memang memiliki keuntungan yang tidak besar. Sehingga, Anda bisa mempertimbangkan apakah dengan keuntungan yang ditawarkan sudah cukup bagi Anda untuk berinvestasi.

  1. Terkena Inflasi

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa setiap tahun pasti akan mengalami inflasi. Maka, nilai investasi pun akan mengalami penurunan termasuk pada deposito ini.

  1. Kena Biaya Pajak

Dikatakan dalam peraturan pemerintah, bahwa investasi deposito ini masuk dalam pajak penghasilan (PPH). Sehingga, Anda harus membayarkan biaya pajaknya setiap tahunnya seperti layaknya PPH.

  1. Nilai Investasi Tidak Bertambah

Sesuai dengan ketentuan deposito, bahwa ketika Anda berinvestasi nilainya sudah diberitahukan sejak awal untuk besarannya termasuk pada suku bunga. Hal itu tidak akan menjadikan nilai investasi akan bertambah meskipun Anda menjalaninya lebih lama lagi, dan tidak ada cara juga untuk meningkatkan nilai investasi.

  1. Memiliki Biaya Pinalti

Pada kenyataannya, memilih deposito juga memiliki kelemahan terdapatnya biaya pinalti. Yaitu, biaya yang dikenakan jika Anda mengambil dana lebih cepat dari tempo yang sudah ditentukan. Sementara untuk investasi yang lain ataupun tabungan, Anda bebas untuk mengambil kapanpun tanpa terkena biaya apapun.

Itulah dua hal yang berbeda dari faktor dalam memilih deposito paling menguntungkan, dimana kelebihan dan kelemahan harus disesuaikan juga dengan kebutuhan Anda dalam menentukan investasi yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.