Menikmati kopi merupakan salah satu rutinitas bagi sebagian orang yang tidak bisa ditinggalkan.  Tidak hanya sekedar bagi orang Indonesia, namun juga bagi orang di berbagai penjuru dunia. Bagi para kopi addict tentu akan memahami kualitas kopi yang mereka nikmati. Coffee grinder menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kualitas kopi.

Untuk menghasilkan kualitas kopi yang terbaik tentu saja dipengaruhi beberapa hal termasuk mesin penggilingnya atau coffee grinder yang dipakai. Penasaran mengenai mesin penggiling kopi ini? Yuk… Kita simak ulasan-ulasannya berikut ini!

Apa Itu Coffee Grinder?

Mungkin bagi sebagian orang kurang memahami dan mengetahui mesin penggiling kopi. Tahunya sekedar menikmati kopi jadi, padahal akan seru jika Anda tahu proses dan alatnya. Secara sederhana, coffee grinder machine adalah alat/mesin yang digunakan untuk menggiling maupun menghaluskan kopi dengan sesuai dengan kadar yang telah ditentukan.

Jenis-Jenis Coffee Grinder

  1. Grinder Manual

Jenis coffee grinder ini biasanya dipakai oleh orang yang menyukai kopi dengan aroma khas dan tradisional. Meskipun sedikit membutuhkan waktu yang lama dalam proses penggilingan dan tidak bisa untuk jumlah yang banyak, namun hasil bubuk kopi akan lebih halus. 

  1. Grinder Elektrik

Coffee grinder electric ini lebih modern yakni dengan menggunakan listrik jadi lebih simpel dan cepat prosesnya. Namun, kekurangan terletak pada ukurannya yang besar so pasti memakan tempat. 

  1. Burr Grinder

Alat ini menggunakan motor listrik dengan dua pelat gilingan roda bergigi yang memiliki fungsi menghaluskan kopi dan mengekstrak minyak pada biji kopi tersebut. Hasilnya pun juga lebih perfecto. Prosesnya lebih cepat namun cita rasanya seperti hasil grinder manual.

  1. Blade Grinder

Alat penggiling kopi ini menggunakan dua mata pisau (lurus/flat dan dengan posisi melingkar/conical) untuk memotong biji kopi. Proses penggilingan lebih cepat, sistem pemotongan biji kopi dapat meningkatkan suhunya. Jika menggunakan alat ini pastikan memasukkan sedikit demi sedikit, karena kehalusan dan rasa bisa jadi tidak konsisten dan berubah.

Demikian ulasan tentang coffee grinder, semoga bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.