Cheesecake menjadi salah satu kue yang paling diminati oleh masyarakat. Kue ini sering dipakai dalam berbagai jenis acara, salah satunya adalah ulang tahun. Hal ini dijelaskan dengan fakta bahwa banyak outlet-outlet kue yang menjual berbagai macam variannya. Hidangan ini menjadi salah satu birthday cake di Jakarta yang paling favorit, namun, apakah kue ini juga eksis di negara lain? Simak artikel berikut!

Sejarah Cheesecake

Awal mula kemunculan kue ini ditandai berasal dari Yunani Kuno. Terdapat tiga macam cheesecake yang terkenal yaitu cheesecake apician, cheesecake bazyma, dan euchylous. Saat itu cheesecake dibuat dengan menggunakan bahan dasar keju lembut yang berasal dari susu kambing atau domba. Keju tersebut kemudian digabungkan dengan telur, madu, dan tepung terigu sebelum akhirnya dipanggang. Berdasarkan fakta sejarah, cheesecake disajikan pada 776M bertepatan dengan ajang lomba olimpiade yang pertama. 

Jepang dan Cheesecake

Cheesecake saat ini cukup identik dengan Amerika dan Jepang. Hal ini bukanlah tanpa sebab, Jepang sendiri memiliki tiga varian cheesecake yang menarik. Varian pertama adalah cheesecake panggang. Kue ini tergolong mudah untuk dibuat. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah cream cheese, gula pasir, kuning telur, mentega tawar, putih telur, tepung serbaguna, dan jus lemon. 

Varian kedua versi Jepang adalah cheesecake yang tidak dipanggang -berlawanan dengan varian pertama-. Sedangkan jenis yang ketiga bernama kue souffle keju. Bahan yang diperlukan untuk membuatnya pun terbilang mudah didapatkan. Air jeruk, telur, tepung kue, krim keju, krim tartar, gula, dan mentega adalah beberapa komponennya. 

Cheesecake di Negara Paman Sam

Amerika juga terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki banyak varian dari birthday cake favorit di Jakarta ini. Terdapat empat ragam yang sudah mendunia. Cheesecake Chicago menjadi yang pertama pada daftar ini. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah cream cheese, mentega asin, sour cream, telur, gula pasir, air lemon, tepung maizena, dan ekstrak vanila. 

Cheesecake New York menjadi yang paling terkenal di dunia. Cheesecake ini pertama kali diperkenalkan oleh Arnold Reuben. Hidangan ini disebut-sebut sebagai yang murni dengan hanya mengandalkan krim keju, krim, telur, dan gula untuk membuatnya. 

Varian ketiga yang merupakan khas Amerika adalah Cheesecake Philadelphia. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya terhitung cukup banyak, yaitu philadelphia cream cheese -bahan unik dan khas-, gula pasir, kuning telur, bubuk kacang almond, tepung terigu, sour cream, saus karamel, dan ekstrak vanila. 

Nah, di atas adalah beberapa hal mengenai cheesecake, kue yang simbolik sebagai birthday cake di Jakarta. Sungguh mengejutkan bukan bahwa ternyata banyak cheesecake versi negara-negara lain. Ayo chef-chef Indonesia, hasilkan cheesecake khas bumi pertiwi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.